image description
image
  • 2024-05-29
  • Fakultas Komputer Dan Pendidikan
  • 562
  • Berita Fakultas
Visitasi AL Prodi PGPAUD oleh Lamdik Sebagai Upaya Menuju Layanan Prima Melalui Akreditasi PS yang berkualitas.

Ungaran 29/05/2024 – Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Komputer dan Pendidikan (FKP) Universitas Ngudi waluyo melaksanakan visitasi Akreditasi Program Studi, oleh Tim Asesor dari LAMDIK (Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan) yang terdiri atas: Prof. Dr. Suyadi, M.A dari UIN  Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Rusmayadi, M.Pd dari Univ Negeri Makasar yang berlangsung selama dua hari terhitung mulai tanggal 27-28 Mei 2024.

Kegiatan Asesmen Lapangan ini merupakan tahapan dalam proses akreditasi yang bertujuan untuk melakukan verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang tertulis pada Laporan Evaluasi Diri (LED) dan DKPS serta melakukan penilaian lapangan di Program Studi yang nantinya akan digunakan dalam rangka pembinaan kepada PS untuk lebih baik dalam memberikan mutu layanan kepada mahasiswa.

Kedatangan asesor di Kampus UNW disambut langsung oleh Rektor Prof. Dr. Subyantoro M. Hum. beserta jajaran Wakil Rektor, Ka BPM, Ka. LPPM, Kabiro, Dekan dan Wakil Dekan FKP, Kaprodi, Tim taskforce PGPAUD serta turut hadir pula anggota Dewan Pengawas Yayasan Ngudi Waluyo Ungaran. Dalam sambutannya Prof. Dr. Suyadi, M.A, menyampaikan bahwa asesmen lapangan ini penting karena apa yang tertulis dalam borang atau LED terkadang belum sesuai, sehingga perlu dilihat secara langsung. Bagian yang belum tertulis atau ditambahkan dapat ditambahkan, dan yang belum jelas, perlu dikonfirmasi langsung. Asesor melakukan asesmen dengan prinsip humanis, sehingga AL ini tidak hanya bersifat menilai tetapi dapat menjadi sarana untuk sharing untuk kemajuan perguruan tinggi.

Agenda visitasi hari pertama diawali dengan konfirmasi, klarifikasi terkait dokumen yg bersifat kuantitatif (DKPS) atau kualitatif (LED) oleh asesor dengan bukti pendukung berupa dokumen yang bisa diakses secara digital untuk semua data yang tertulis di LED. Agenda hari kedua yaitu kunjungan sapras pembelajaran seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, layanan mahasiswa, serta fasilitas lab school yg menjadi keunggulan Prodi PAUD, dan dilanjutkan penilaian praktek pembelajaran langsung di kelas (microteaching). Kegiatan asesmen ini melibatkan beberapa pihak, seperti dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, dan pengguna lulusan/stakeholder. Selain konfirmasi melalui tanya jawab, perwakilan dosen juga harus praktik mengajar di dalam kelas.

Dikesempatan sambutan penutupan visitasi Rektor Prof. Dr. Subyantoro., M. Hum. menyampaikan terima kasih kepada asesor atas waktu dan masukkannya yang nantinya akan diaplikasikan demi kemajuan perguran tinggi taklupa Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada yayasan ngudi waluyo, sivitas akademika, alumni, dan stakeholder yang telah mendukung proses akreditasi, khususnya saat Asesmen Lapangan. Semua berharap, proses akreditasi Prodi PGPAUD UNW ini akan mendapat hasil terbaik. aamiin YRA.



Kategori

/ FKP UNW
  • Fakultas Komputer dan Pendidikan
  • Jl. Diponegoro no 186 Gedanganak - Ungaran Timur, Kab. Semarang Jawa Tengah
  • Tel: (024)-6925408
  • Fax: (024)-6925408
  • Email: [email protected]

SOSIAL MEDIA


UNIVERSITAS NGUDI WALUYO © FKP 2023