image description
image
  • 2024-05-31
  • Fakultas Komputer Dan Pendidikan
  • 521
  • Berita Fakultas
Visitasi AL Prodi PGSD oleh Lamdik

Ungaran 31/05/2024 – Tim asesor LAMDIK yang terdiri atas: Prof.Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M. Ed dari UNY Yogyakarta dan Dr. Ghullam Hamdu, M. Pd dari UPI Bandung melakukan asesmen lapangan (AL) dalam rangka reakreditasi program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Komputer dan pendidikan (FKP) Universitas Ngudi Waluyo (UNW) yang berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 30-31 Mei 2024. Kehadiran asesor ke UNW bertujuan untuk melakukan verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang tertulis pada Laporan Evaluasi Diri (LED) dan DKPS serta melakukan penilaian lapangan di Program Studi yang nantinya akan digunakan dalam rangka pembinaan kepada PS untuk lebih baik dalam memberikan mutu layanan kepada mahasiswa.

Turut hadir dalam penyambutan Kedatangan 2 (dua) asesor di Kampus UNW sekaligus pembukaan visitasi Ketua Umum Dewan Pengurus Yayasan Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd. Kons beserta jajaran anggota yayasan, Rektor Prof. Dr. Subyantoro M. Hum. beserta jajaran Wakil Rektor, Ka BPM, Ka. LPPM, Kabiro, Dekan dan Wakil Dekan FKP, Kaprodi, Tim taskforce PGSD.

Agenda visitasi hari pertama dibagi menjadi 2 kelompok yaitu diawali dengan konfirmasi, klarifikasi terkait dokumen yg bersifat kuantitatif (DKPS) atau kualitatif (LED) oleh asesor Dr. Gullam Hamdu, M.Pd. dengan bukti pendukung berupa dokumen yang bisa diakses secara digital untuk semua data yang tertulis di LED bersama kaprodi dan tim akreditasi prodi. Bersamaan juga dilakukan kunjungan sapras, laboratorium terpadu, layanan mahasiswa, wawancara stake holder, mahasiswa, tendilk dan alumni dilanjutkan praktik mengajar melalui microteaching oleh asesor Prof.Dr. Zuhdan. Proses visitasi dilakukan secara detail untuk semua butir yang ada di rubrik penilaian dengan tujuan selain menilai juga memberikan masukan dan saran terkait penyelenggaraan pendidikan khususnya di prodi PGSD supaya lebih baik lagi.

Agenda hari kedua yaitu penyerahan berita acara asesmen lapangan dan pencermatan hasil AL oleh kaprodi dan tim kiranya ada yang perlu diklarifikasi dan ditambahkan data pendukungnya sebelu BA ditandatangani. Ada beberapa catatan rekomendasi yang disampaikan asesor untuk bahan pertimbangan Universitas, UPPS dan PS kedepan diantaranya : upaya untuk lebih mengenalkan ke masyarakat bahwa UNW tidak hanya kampus kesehatan tapi sudah ada prodi diluar kesehatan seperti keberadaan prodi PGSD saat ini; lulusan PGSD UNW perlu lebih memahami isi kurikulum merdeka,perlu ada kerjasama dengan perpustakaan lain untuk bisa saling mengakses buku2, referensi bersama, penggunaan lab terpadu untuk lebih dipotimalkan dalam proses PBM sesuai jumlah SKS nya. dll

Saat menyampaikan sambutan penutupan visitasi AL, Rektor Prof. Dr. Subyantoro., M. Hum. menyampaikan terima kasih kepada asesor atas waktu dan masukkannya yang nantinya akan diaplikasikan demi kemajuan perguran tinggi taklupa Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada yayasan ngudi waluyo, sivitas akademika, alumni, dan stakeholder yang telah mendukung proses akreditasi, khususnya saat Asesmen Lapangan. Semua berharap, proses akreditasi Prodi PGSD UNW ini akan mendapat hasil terbaik dengan harapa terakreditasi UNGGUL aamiin YRA.




Kategori

/ FKP UNW
  • Fakultas Komputer dan Pendidikan
  • Jl. Diponegoro no 186 Gedanganak - Ungaran Timur, Kab. Semarang Jawa Tengah
  • Tel: (024)-6925408
  • Fax: (024)-6925408
  • Email: [email protected]

SOSIAL MEDIA


UNIVERSITAS NGUDI WALUYO © FKP 2023